Tuesday, January 11, 2011

Food eksperiment : Klapertart :)

hari ini gw eksperiment lg.. yup gw eksperimen Klapertart
udah lama banget gw pingin coba bikin n akhirnya kesampean juga :p

ternyaata setelah bikin gw masih perlu banyak belajar
gampang2 susah loh bikin klapertart terutama dibagian aduk adonan
kalo salah bisa ga jadi, gw aja masih kurang rata n bawahnya berkerak.. hehe..

ini dia neh jadinya ky begini :

jreng.. jreng.. jreng..


tadinya sempet bingung ternyata klapertart itu ada 2 macem cara masaknya
di oven ato ga di oven, kalo yang gw bikin ini ga dioven
resepnya gw ambil dari inet dari resepnya HANNA'S Klapertart
klapertart Hanna emg terkenal dijakarta n aku jg pernah liat di tranz tv wkt acara Bosan jadi pegawai.

seneng banget dapet resep ini cos ga ribet2 mesti pake oven
ini resepnya:

HANNA’S KLAPERTART

100gr tepung terigu + AIR PUTIH ½ GELAS
1 liter susu cair
1 kaleng susu kental manis
vanilli secukupnya
150 gr mentega (aku pake Orchid salted)
200 gr gula pasir
6 butir telur ayam
1 - 1,5 kg kelapa muda (jangan ada kulit ari-nya yaaa)

Caranya :
• Tepung terigu di campur dengan air, kemudian masukkan kedalam panci dengan cara disaring.
• Lalu masukkan satu per satu, susu cair, susu kental manis 1/2 kaleng sedikit demi sedikit, vanili, mentega, gula dan telur.
• Masak diatas api sedang, aduk semua adonan berlahan-lahan sekitar 20 menit terus menerus hingga adonan mengental, masukkan kelapa muda, aduk rata.
• Setelah agak mengental, tuangkan lagi sisa susu kental manis, dan aduk hingga rata. Angkat, dinginkan.
• Setelah dingin, siap untuk dituang ke loyang.
• Kemudian klappertaart dapat diberi topping sesuai selera, seperti memberikan irisan buah kurma diatasnya (aku pake keju parut aja).

topping:
- serbuk kayu manis
- Keju parut
- kacang kenari disangrai
- cherry

No comments:

Post a Comment